Jumat, 08 Januari 2010

TETAP MENGASAH


Ada seorang saudagar kaya raya dan rendah hati ingin memberi pekerjaan kepada seorang petani yang kuat. Suatu hari dipanggillah seorang petani tersebut,

"Wahai bapak yg memiliki tubuh yg sangat kuat, aku ingin memberimu hadiah 1000 keping emas, tapi ada syaratnya."

“Apa syaratnya tuan?” Tanya sang petani.

“Saya akan memberikan 1000 keping uang emas kepadamu jika kamu mampu menebang 1000 pohon di kebunku dalam waktu 100 hari, jika dalam 100 hari kamu menebang pohon kurang dari itu maka hadiah tersebut tidak akan aku berikan” jawab sang saudagar.

Wow ...berarti dengan menebang sebatang pohon dia akan dibayar dengan sekeping uang emas? Dengan modal badan yang kuat dan kapak yang tajam serta impian untuk membahagiakan orang-orang yang dicintainya, sang petani menyanggupi, “ Saya akan melakukannya tuan.”

Syarat itu berusaha dipenuhi dengan diperlihatkan keberhasilannya menebang 20 pohon dengan mudah di hari pertama, setelah itu sang petani itu pun pulang untuk istirahat sambil membawa kapak yg digunakan menebang pohon tersebut.

Sang petani berpikir apabila di hari pertama saja sudah berhasil menebang 20 pohon, hampir bisa dipastikan jika syarat itu pasti terpenuhi.

Ternyata setelah tiba hari ke-100 syarat itu "gagal" terpenuhi karena sang petani hanya mampu menebang 500 pohon.

Lalu dimana letak kegagalannya??? Padahal tubuh sang petani kuat dan semangatnya begitu tinggi? Apakah karena tidak terbiasa menebang pohon? Tapi di hari pertama kan sudah berhasil menebang 20 pohon? Jadi kalau dihitung khan 100 x 20 = 2000 pohon? Bahkan seharusnya bisa selesai dalam 50 hari? Lalu dimana letak kesalahannya???

Setelah diteliti secara detail akhirnya di temukanlah sebuah kesalahan yg sangat fatal, yaitu sang petani itu hanya mengandalkan kekuatannya dia menggunakan kapaknya setiap menebang pohon secara terus-menerus dan lupa mengasahnya sehingga hari demi hari kapak itu menjadi tumpul dan tidak setajam ketika hari pertama.

Sahabat …
Apabila kisah di atas kita hubungkan dengan kehidupan kita, ternyata masih banyak diantara kita yang melakukan kesalahan yang sama dengan yang dilakukan sang petani tersebut.

Sang petani sebenarnya sudah bagus, dia berani mengambil tantangan sang saudagar dan menggapai impian 1000 keping emas untuk membahagiakan orang-orang yang dicintainya. Karena berapa banyak orang yang tidak berani mengambil tantangan dan menggapai impian yang besar. Mereka mempunyai prinsip hidup seperti air mengalir saja. Tidak perlu tujuan dan cita-cita yang besar. Dan sang petani tidak seperti itu, dia berani menggapai impian yang besar dan berani membayar harganya.

Tetapi impian besar dan semangat tinggi tidak cukup.

Kita mempunyai cita-cita dan impian yang besar. Menjadi manusia yang SUKSES dalam segala hal. Sukses sebagai pribadi yang baik dan sholeh sampai akhir hayat. Sukses membina keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah. Sukses dalam karir dan bisnis. Sukses menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang banyak. Dan sukses yang sesungguhnya yaitu selamat dari siksa neraka dan mendapat rahmat Allah dimasukkan ke dalam surga…

Itu semua adalah impian dan cita-cita yang besar. Semakin besar impian pasti semakin sulit mencapainya, Dan pasti akan menghadapi tantangan dan masalah yang besar .Tapi kita lebih suka menjadi orang yang tidak suka perubahan. Kita malas mengasah kemampuan diri kita.

Manusia adalah makhluk yang kompleks. Banyak hal yang harus diasah untuk mencapai impiannya. Mengasah kesehatan fisik kita dengan berolahraga, Mengasah kemampuan berpikir dengan banyak membaca dan belajar, Mengasah ruhani kita dengan banyak membaca Al-Quran, hadir di majlis taklim/dzikir, dan beribadah, Mengasah jiwa kita dengan memberikan cinta dan kasih sayang kepada orang lain, Mengasah kemampuan skill dengan berlatih dan beraktivitas, Mengasah kemampuan berbisnis kita dengan belajar kepada orang sukses, Mengasah kepemimpinan kita dengan memimpin diri sendiri dan keteladanan, Mengasah kesadaran kita dengan banyak merenung dan bermuhasabah, Mengasah semangat kita dengan berkumpul bersama orang-orang positif

Insya Allah dengan selalu mengasah hal tersebut diatas, apapun impian anda akan tercapai selama Allah berkehendak...Yang jelas sesuai firman-Nya :

INNALLAAHA LAA YUGHOYYIRU MAA BI QOUMIN HATTAA YUGHOYYIRUU MAA FII ANFUSIHIM
" Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sehingga mereka mengubah 'dirinya sendiri' (maa fii anfusihim)."

OK… AMBIL TANTANGAN…. DAN JANGAN LUPA ASAH KAPAK ANDA !!!

3 komentar:

nophe yg baek mengatakan...

Aku kira knp dy tdk mencapai target, krn dy ketiduran, terlalu lama berhayal mendapat 1000 keping emas, eh ternyata salah. He…he…

hmcahyo mengatakan...

salam kenal :D

Topik Nugraha mengatakan...

sama2..
^^