Rabu, 28 April 2010

Mulai tumbuh, Mulai Menyenangkan

Seperti janji saya kemarin, Hari ini saya akan membahas tentang masalah tanaman yang akan saya tanam. Sejauh ini sih baru testing aja, soalnya pengalaman menanam belum ada sama sekali :D. Tapi Alhamdulillah bibit yang saya tebar sebagian besar tumbuh semua (Hmm, berbakat juga saya bercocok tanam).

Ada beberapa jenis tanaman yang coba saya tanam (mengulang apa yang sudah saya sebutkan kemarin) tomat, seledri dan bayam. Sudah 2 minggu yang lalu saya tanam, dan benih-benih itu sudah membuat hati saya senang bukan kepalang sekarang ini.

Media tanam yang saya gunakan sebagian besar merupakan sampah anorganik. Selain polibag semuanya saya ambil dari sekitar rumah. Seperti tempat untuk menanam bibit yang tampak pada gambar diatas. Itu menggunakan Styrofoam tempat makanan, daripada terbuang tak terurai dan menjadi akselerator bagi global warming, mendingan dimanfaatkan untuk menanam seperti ini.

Sekarang mari berbagi tentang pengalaman saya menanam bibit-bibit pertama saya ini :

1. Tomat

Ini benih tomatnya, beli yang eceran aja, secara cuman buat nanem di rumah doang. kalo beli di suhardi, batam harganya se-plastik kecil gini 5ribu rupiah. Isinya lumayan banyak, ya kalo jadi semua penuh lah pekarangan rumah (apalagi tomat itu merambat, wuiih).Nah, Tomat merupakan tanaman yang dalam proses tanamnya mesti disemai terlebih dahulu. Oleh karenanya, sebelum dipindah ke pot atau polibag ia harus disemai dulu, pemindahan dilakukan ketika bibit tomat sudah tumbuh daun aslinya minimal 4 biji lah.

Sayangnya, saya lupa menandai kapan waktu pertama kali tanam, sehingga sulit mengidentifikasi berapa lama waktu tumbuhnya. Tapi dalam waktu 2 minggu bibit tomat saya sudah tumbuh segini (lihat gambar di bawah).

Untuk penyemaian yang diperlukan ialah sebuah media untuk penanaman. Disini saya menggunakan styrofoam bekas bungkus makanan. Bahan yang dibutuhkan selanjutnya ialah pupuk kandang/kompos dan tanah dengan perbandingan 1/2 : 1 (tapi saya rasa tanah saja sudah cukup untuk penyemaian). Kemudian tanam benih tomat dengan teratur pada media penanaman agar bagus terlihat ketika tumbuh nanti, setelah itu taburi dengan tanah, tipis saja. Lalu tutup dengan tisu atau koran, kemudian basahi, Simpan di tempat teduh. 3 atau 4 hari kemudian buka tisunya.

mudah-mudahan minggu depan sudah bisa dipindah tanam. Oia, waktu panen normal untuk tomat adalah 3 - 4 bulan.

2. Seledri

Penanaman seledri saya lakukan hampir bersamaan dengan penanaman tomat. Sama seperti tomat juga seledri perlu disemai terlebih dahulu. Untuk pindah tanam seledri mungkin makan waktu 2 minggu lagi.

3. BayamPenanaman bayam bisa langsung dilakukan di pot atau polibag. Cukup mudah. Polibag/Pot diisi dengan tanah gembur dan pupuk kandang/kompos dengan perbandingan 1 : 1. Lalu tebar langsung benih bayam dalam polibag tersebut, Setelah itu cukup disiram. ^^

Masa tumbuh bayam cukup singkat. Dalam sehari sudah mulai tumbuh benih yang ditebar kemarin.

Kalo ini semua berhasil baru ntar tanem banyak-banyak. hehehehee. Demikian ulasannya, ntar disambung lagi . . .

4 komentar:

wita sudirahayu mengatakan...

good artikel..!!! sepertinya sangat membantu untuk orang awam yang tertarik untuk bercocok tanam...

Unknown mengatakan...

trims tips nya akan sy coba

Anonim mengatakan...

Saya suka berkebun haha cuma ngga ad tanah tpi gw pke polybag hoho baru tanam tdi pagi ne ketimun am tomat

denosa mengatakan...

Mohon info tempat penjualan bibit atau biji seledri di kota batam..