Selasa, 27 April 2010

Gardening : Menentukan Area Penghijauan

Barusan wara-wiri di FB, terus nemu berita ini (mahalnya menjadi bupati), jadi bingung, kalau penerimaannya tak sebanding dengan pendapatannya kenapa pada berebutan jadi bupati atau pejabat daerah. Padahal kalau dana kampanyenya untuk nyumbang ato sedekah buat yang kelaperan pasti lebih manfaat tu. Pada pengen eksis kali ya, jadi kalau memberi atao wara-wiri harus tetep masuk televisi ato setidaknya masuk di koran besok pagi. Wallahualam
---

Udah ah, ribet ngurusin begituan. Sekarang kembali ke tema go green yang sudah saya tentukan kemarin. Bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan, pemandangan hijau dan asri tentu sangat sulit didapatkan. Padahal resiko stress menumpuk akibat kemacetan, keriuhan dan beban pekerjaan sudah pasti menghinggapi sebagian besar orang kota. Percaya atau tidak tanaman dapat menjadi suatu sarana relaksasi hanya dengan memandanginya. Oleh karenanya, menyadari hal itu banyak rumah yang menanam bunga dan tanaman hias lainnya untuk menciptakan suasana sejuk, asri dan indah di rumahnya, yang dapat menyegarkan diri, menenangkan diri setelah kerja seharian atau ketika akan berangkat bekerja menyongsong kepenatan.

Nah, berhubung di rumah pohon-pohon (mangga, jambu) dah pada ditebangin, saya jadi berniat untuk mulai menanam kembali. Tapi bukan tanaman keras atau tanaman hias dan bunga (emang saya makan bunga). Saya berencana menanaminya dengan sesuatu yang bisa dinikmati hasilnya secara riil. Saya ingin menanam sayuran di pekarangan rumah saya. \(^^)/

Spot yang akan saya jadikan pekarangan yang terletak di pinggiran dengan luas 270 x 167 cm. Karena sudah disemen jadi ga bisa nanem langsung di tanah ato bikin bedengan. Tapi tetep ga boleh langsung nyerah, There is a will, there is a way! Polybag dan vertikultur jadi jawaban atas permasalahan itu (info tentang vertikultur baca : sukses bertanam sayuran di pekarangan rumah, benny sanusi, agromedia)


Nah, tempat sudah ada, polybag juga sudah beli (di suhardi, sebelah hotel horison nagoya) tinggal yang mau ditanam. rencananya saya mau nyoba nanem bayam ijo, tomat sama seledri. Oia, pohon naga juga ada, mudah2an jadi. Tomat sama seledri sih udah menunjukkan gejala positif, semoga semuanya berhasil tumbuh. Tulisan tentang pembibitannya besok aja deh. sekarang khusus bahas area penghijauan dulu.

Sapa mau ikut? (^^)

0 komentar: