Senin, 02 Februari 2009

MARI MENJADI ANEH..!!

Bila ingin berkembang jangan takut dianggap konyol dan bodoh
-Phititis, filosof-

Ada beberapa pandangan yang sepertinya harus kurubah. Selama ini aku selalu merasa risih dengan orang-orang yang bersikap, bertindak dan berpemikiran aneh. Keanehan mereka bagiku merupakan sebuah bentuk pertunjukan kebodohan serta kekonyolan di depan publik. Kebodohan serta kekonyolan yang menurutku adalah aib yang harusnya disimpan dalam diri, jangan sampai diketahui.

Namun sepertinya pandanganku selama ini salah. Keanehan yang dipertontonkan lebih merupakan bentuk penunjukkan eksistensi. Salah satu cara agar orang menyadari keberadaannya, mengenali dirinya. Semula aku maish belum percaya, sampai aku membaca kalimat ini dan jelaslah semuanya.

Membatasi diri, menjaga reputasi memang penting. Tapi tak berarti harus terus-terusan memakai topeng agar terlihat seperti manusia sempurna. Di tempat-tempat tertentu mungkin perlu, tapi diperlukan juga keanehan sebagai wujud dari ekspresi diri yang perlu dilepaskan sesekali.

Hidup memang harus seimbang, keseriusan harus pula disertai dengan kekonyolan. Maka keanehan harus pula diadakan dalam diri setiap pribadi. Tentu saja harus ada batasan-batasan syar’i untuk itu. Jangan sampai keanehan kita yang terlalu kebablasan malah membuat orang merendahkan kita.

Yah, bila ingin maju dan berkembang maka jangan pernah takut untuk dianggap aneh oleh orang-orang di sekitar. Karena banyak penemuan besar yang juga menjadi bahan ejekan serta cemoohan dulunya. Lantas salahkah orang yang mengolok tersebut. Tentu tidak. Mereka benar, yang anehpun benar. Mereka yang mengolok adalah pihak yang benar karena memang pikirannya membenarkan itu, bahwa mengolok impian yang terefleksi dalam keanehan adalah benar. Akal mereka terlalu sehat, sehingga semua yang tak masuk akal adalah kebodohan. Mereka menafikan hadirnya keajaiban dari yang tak terbatas. Sementara si Aneh, dia pun benar. Akalnya yang tak sepenuhnya sehat membuat impian jauh dari hitung-hitungan logika semata yang kadang membawanya pada peluang keberhasilan yang tak dilihat orang yang terlalu sehat akalnya.

Jadi, kalau ingin sukses menjadi aneh kurasa tak ada salahnya...

0 komentar: